Pengertian
Helpdesk
Helpdesk
pada dasarnya adalah sebuah center point dimana masalah atau issue
dilaporkan dan diatur secara terurut dan diorganisasikan. Dari perspektif umum,
helpdesk merupakan bagian pelengkap dari sebuah fungsi pelayanan, dan
bertanggung jawab sebagai sumber dari pemecahan masalah atau issue
lainnya. (http://www.help-desk-world.com/help-desk.htm
).
Menurut Wooten (2001, p5), ”Helpdesk is a formal organization
that provides support function to users of the companies product, services, or
technology”. Jadi helpdesk merupakan bagian dari perusahaan yang
menyediakan dokumen fungsi produk, servis atau teknologi dari perusahaan
tersebut.
Helpdesk adalah sebuah departemen atau bagian dalam perusahaan yang
melayani atau menanggapi pertanyaan teknis pengguna. Helpdesk digunakan
untuk menjawab pertanyaanclient. Pertanyaan dan jawaban dapat
disampaikan melalui telepon, email, web atau fax. Bahkan
ada software helpdesk yang membuat orang lebih mudah untuk
menjalankan helpdesk dengan cepat untuk menemukan jawaban yang bersifat
umum. (http://www.webpcwebipedia.com
)
Berdasarkan
definisi diatas helpdesk merupakan bagian struktur atau program yang menangani
pertanyaan dan keluhan baik itu dari pihak internal atau pihal eksternal dengan
menyediakan informasi atau solusi yang dibutuhkan pengguna.
Kelebihan
Helpdesk
Helpdesk
memberikan pelayanan terbaik pada penggunanya serta dapat menurangi biaya. Hal ini
dikarenakan berbagai keuntungan penggunaan helpdesk.
1.
Helpdesk
dapat memberikan solusi atas pertanyaan – pertanyaan dalam kurun waktu singkat.
2. Helpdesk
dapat mengecek permasalahan yang ada dan mengatur pembagian staff.
3. Helpdesk
dapat meningkatkan efisiensi perusahaan dalam menangani pertanyaan dan keluhan
pelanggan.
4. Helpdesk
dapat memberi laporan kerja perkembangan kinerja para staff dan pimpinan.
5.
Helpdesk dapat menangani pertanyaan dan
keluhan yang sejenis karena pertanyaan dan keluhan dicatat.
Cara Kerja HelpDesk
Berikut
adalah beberapa feature dari aplikasi Trelis Desk:
Acount
Acount yang tidak terbatas untuk kategori staff yang
dapat merespon lampiran file berdasarkan basis pengetahuan yang telah diketahui
sebelumnya (artikel,kategori,pencarian, dll) dan file tertentu pada “Submit a
ticket”
Managemen Pengguna
Email
Managemen pengguna email berdasarkan pada basis
kesalahan email system.
Pembagian
tiket berdasarkan departement
Dengan
feature ini maka semua departement dapat menerima permintaan dukungan dan tidak
tertutup untuk bagian IT saja. Misalnya departement Supply Chain Management
yang menangani masalah inventaris barang dan sirkulasi barang dapat menggunakan
aplikasi ini untuk menangani permintaan barang dari departement atau cabang
kantor lain.
Prioritas
tiket
Tiket dapat
dibuat dan diberikan prioritas apakah tiket tersebut bersifat penting atau
biasa saja. Dengan demikian bagian yang menerima tiket dapat memberikan
dukungan dengan tepat sesuai prioritas tingkat kepentingan.
Pengalihan
tiket
Tiket dapat
dialihkan kepada staff tertentu sehingga tiket tersebut dapat ditangani oleh
staff tersebut dan bertanggung jawab atas penyelesaian tiket tersebut.
Pengaturan
hak akses berdasarkan group
Aplikasi ini
memiliki tingkat akses berlevel yang dibagi berdasarkan group sehingga memiliki
tingkat keamanan penggunaan yang baik
RSS tiket
Kita dengan
mudah membuat RSS feed pada tiket yang menjadi tanggung jawab kita. Dengan
demikian kita dengan mudah mengecek apakah ada tiket baru yang ditujukan pada
kita dengan cepat.
Multi
Language
Secara
default aplikasi ini memiliki tampilan dengan bahasa Inggris. Namun dengan
mudah kita dapat menerjemahkan aplikasi ini ke bahasa lain yang kita inginkan.
Cukup dengan mengisi terjemahan dari kalimat-kalimat yang digunakan dalam
aplikasi.
Knowledge
Base
Memiliki
knowledge base atau basis pengetahuan yang terintegrasi. Hal ini memudahkan
kita dalam mencari langkah penyelesaian sebelum memasukkan tiket. Dengan
feature yang memberikan saran solusi yang tersedia sebelum kita memasukkan
tiket akan membantu meningkatkan efisiensi kerja karena mengurangi frekuasi
dalam menangani masalah yang sama.
Dan beberapa fitur, antara lain :
·
Ticket departments
·
Ticket priority levels
·
Canned ticket replies
·
Group permissions
·
Ticket escalation
·
Ticket assignment
·
Rich text editor
·
Helpdesk RSS feeds
·
Ticket attachments
·
Skin manager
·
Language manager
·
Manage articles and categories
·
Article ratings and comments
·
Smart display of KB articles during ticket submission
·
Pipe support emails into your helpdesk
·
Email notifications
trelis desk itu apa?
BalasHapus